Relaksasi

Hemm,,, emang kalo dilanda kesibukan dan dikejar deadline itu rasanya pengen yang rileks,, mungkin ini bisa jadi salah satu alternatif untuk merilekskan diri. Leher pegal akibat lama bekerja di depan komputer, bahu kaku karena menenteng buku dan tas laptop yang berat, kulit wajah kering dan kusam karena terlalu lama di ruangan ber-AC? Atau, kaki terasa sakit dan penat akibat sepatu stiletto saat ber-happy hour adalah alasan klise para wanita urban jaman sekarang.


Tak heran bila di akhir pekan yang Anda inginkan adalah pijatan. Ketiga perawatan berikut didesain untuk memanjakan keluhan-keluhan klasik wanita urban seperti ini. Coba, yuk!

KOMPRES THAI HERBAL
Durasi: 60 Menit
Kompres herba telah dipraktekkan di Thailand sejak ratusan tahun lalu untuk mengendurkan jalinan otot kaku, menghilangkan penat, dan mengusir stres. Ada dua macam ukuran kompres: ukuran kecil untuk mengompres bagian wajah, leher, dan kepala, dan ukuran besar untuk bagian tubuh. 

Kompres ini berisi racikan herba: lemongrass, champor, dan patchouli, yang dibungkus dalam kain katun berbentuk buntalan, dan dipanaskan menggunakan steamer. Setelah kompres menjadi lembap dan panas, maka akan mengeluarkan aroma terapeutik yang dipercaya bisa memompa energi yang hilang.

Pengompresan disertai teknik pijatan pada titik-titik akupresur guna melancarkan peredaran darah, mengatasi keluhan nyeri otot, pegal linu, kelelahan, dan insomnia.

Tahapannya:
1. Wajah dibersihkan menggunkan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Sisa pembersih diangkat dengan lap basah hangat.
2. Wajah dioleskan krim herba aromaterapi campuran eucalyptus dan lemongrass untuk rasa nyaman. Dilakukan totok pada titik-titik akupresur yang membuat otot lebih relaks. Setelah selesai, krim dibersihkan.
3. Selanjutnya pada titik-titik akupresur kepala diberi pijatan dengan kompres Thai herbal yang selalu hangat dari wadah steamer.
4. Dilanjutkan dada, tangan, dan punggung untuk menyelaraskan keseimbangan energi.
5. Perawatan diakhiri dengan penggunaan masker aromaterapi yang memberi relaksasi, mendi nginkan, mengencangkan, sekaligus mencerahkan kulit.

HIGH HEELS THERAPY
Durasi: 60 menit
Mengenakan sepatu hak tinggi dapat mengoreksi proporsi tubuh. Sebagian wanita merasa lebih percaya diri karena tubuh terlihat menjulang dengan kaki yang lebih jenjang, dan sebagian lagi merasa bagian bokong ikut terangkat sehingga tubuh lebih seksi. 

Namun, dampaknya adalah peredaran darah di sekitar kaki menjadi tidak lancar, akibatnya otot kaki akan mudah kaku, bahkan kram. Tak masalah, lakukan saja terapi ini yang didesain untuk memberi efek terapeutik pada kaki lelah, sekaligus mempercantik kulit kaki Anda.

Tahapannya:
1. Kaki direndam dalam air hangat, lalu dieksfoliasi dengan campuran garam laut dan minyak lavender.
2. Setelah dikeringkan, kaki dibalur dengan campuran yoghurt –yang mampu mencerahkan kulit– dan strawberry segar yang kaya akan vitamin C. Setelah itu, kaki dibasuh dengan air hangat.
3. Untuk mengangkat sel kulit mati, kaki di-scrubbing menggunakan campuran beras merah tumbuk, oatmeal, yoghurt, dan kacang almond. Gunanya, untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. 
4. Kaki dipijat menggunakan minyak zaitun, dimulai dari telapak kaki hingga ujung paha. Lakukan bergantian untuk kedua kaki.
5. Masker kaki menggunakan campuran jahe parut dan asam jawa. Bungkus menggunakan plastik selama 15 menit. Gunanya, untuk menghangatkan dan merelaksasi otot yang tegang dan kaku.

BACK MASSAGE THERAPY
Durasi: 30 Menit
Banyak terapi pijat yang menawarkan rasa relaksasi, tapi bila keluhan Anda adalah seputar masalah jalinan otot kaku dan rasa pegal di punggung dan penat di kepala, maka terapi ini patut dicoba. 

Pijatan pada jalinan otot-otot kaku dan titik meridian, atau disebut motor point adalah yang Anda butuhkan. Motor point merupakan istilah dalam pengobatan Timur, berupa titik untuk memasukkan energi positif yang dapat membantu tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri. Pada posisi tubuh tengkurap, letaknya ada di atas lipatan ketiak, sisi ujung belikat, pertemuan leher dan bahu, bagian tengah leher, tepat di bawah cekungan leher belakang, dan di tengah ubun-ubun.

Tahapannya: 
1. Dengan duduk tengkurap di kursi pijat, terapis memijat bahu dengan tekanan sedang.
2. Dilanjutkan dengan tekanan ke arah tengah leher dan belikat.
3. Tekanan diteruskan ke atas lipatan ketiak, gerakan dilakukan berulang dari awal.
4.  Bagian di bawah leher belakang dipijat dengan tekanan tidak terlalu keras.
5. Selanjutnya gerakan pijatan memutar diteruskan ke bagian dahi, pelipis, dan ubun-ubun kepala.