Segudang Tips Menjaga Keindahan Rambut


amal Hammadi, memang belum terlalu tenar di Indonesia. Tapi di luar negeri, nama hair stylistyang juga fashion editor majalah-majalah ternama dunia ini sudah sangat bersinar.

Heather Graham, Linda Evangelista, Jennifer Lopez, Nelly Furtado, Lindsay Lohan, Naomi Watts, Maggie Gyllenhaal, James Franco, Sharon Stone, Maya Rudolph, Evan Mendez dan Drew Barrymore, merupakan sebagian kecil dari sederetan bintang ternama Hollywood yang menjadi klien setianya.

Dan dalam sebuah kesempatan, Jamal yang telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke Jakarta, membagikan ilmunya seputar kecantikan dan perawatan rambut dalam acara media gathering yang digelar Minggu (9/5) di Kemang, Jakarta Selatan.

Sambil menunjukkan keahliannya, dengan menata rambut Aline Adita � yang juga MC dalam acara tersebut � Jamal pun mulai membagikan ilmunya. Dan berikut ini merupakan tips yang disampaikan langsung oleh Jamal Hammadi.

Berdamai dengan rambut yang mengembang atau hair frizzy

"Memiliki rambut mengembang atau yang dikenal dengan hair frizzy memang menjengkelkan. Maka, saya menyarankan untuk mengaplikasikan moisturizer, vitamin E atau produk untuk rambut yang mengandung leave-in untuk mengatasinya (hair frizzy)," kata Jamal.

"Jadi sebelum menata rambut Anda, sebaiknya aplikasikan langkah-langkah tersebut."


Mengatasi rambut berminyak

Kebalikannya dengan penanganan rambut mengembang, rambut yang berminyak justru harus seminim mungkin bersentuhan dengan moisturizer dan juga leave-in.

"Jangan gunakan moisturizer atau leave-in terlalu banyak dan sering. Karena itu akan membaut rambut berminyak semakin terlihat lepek. Akan tetapi, jika ingin membuat volume pada rambut yang berminyak, Anda bisa gunakan hair mousse," jelas pria berkacara mata yang sudah terjun ke industri kecantikan dan fashion sejak tahun 1994 itu.

Membuat volume pada rambut

Volume pada rambut memang memberikan hasil yang luar biasa, ketika Anda ingin tampil beda dalam sebuah kesempatan. Dan salah satu cara untuk memberikan volume pada rambut yakni dengan mengeriting rambut.

Jika selama ini, penggunaan curling iron selalu digunakan terlalu lama saat diaplikasikan pada rambut, Jamal justru berpendapat, bahwa mengeriting dengancurling iron sebaiknya dilakukan sebentar saja pada tiap helai rambut, untuk menghindari kerusakan rambut.

"Jangan terlalu lama saat mengeriting rambut dengan curling iron, karena hal itu bisa merusak rambut Anda," terangnya.

"Selain itu, dengan pengaplikasian sesaat pada rambut, maka hasil yang didapat sangat baik dan terlihat lebih natural."

Tepat memilih warna cat rambut sesuai warna kulit

Dengan sangat tidak terduga, Jamal membagikan tips rahasianya untuk menentukan warna yang tepat untuk pewarnaan rambut, yang tentunya disesuaikan dengan warna kulit orang Indonesia, yang mayoritas berkulit sawo matang dan kuning langsat.

"Lihat warna bola mata Anda terlebih dahulu. Lalu, pilihlah warna yang satu tingkat lebih muda untuk mewarnai rambut Anda," katanya.

Model rambut sesuai ukuran wajah

Jamal menjelaskan bahwa guntingan rambut untuk setiap orang akan sangat baik apabila disesuaikan dengan bentuk wajah mereka. Untuk wajah panjang, model layer sangat tepat untuk mentralisir wajah yang panjang.

Sedangkan untuk wajah yang berbentuk hati, layer yang dimulai dari bagian mulut ke bawah akan menyeimbangkan bentuk wajahnya. Bentuk wajah bulat, bisa dimanipulasi dengan poni pendek dan rambut panjang.

Dan untuk bentuk wajah oval, Jamal pun melontarkan pujiannya, karena wanita yang berwajah oval cocok dengan wajah oval. "Oval face, lucky you!"